Selasa, 22 Oktober 2013

Pidato "Implementasi 3S di Kabupaten Wajo"


Implementasi 3S di Kabupaten Wajo
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yth Ibu Guru selaku pembina Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Sengkang
dan teman-temanku yang saya sayangi

                Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah swt., yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga dapat hadir di tempat ini. Tak lupa pula kita kirimkan shalawat dan salam kepada junjungan besar nabiullah Muhammad saw., yang telah membawa umat manusia ke zaman yang lebih baik.
Hadirin yang terhormat,
                pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato dengan tema “Implementasi 3S di Kabupaten Wajo” sebagai wujud kecintaan saya terhadap budaya Wajo. Tema ini akan dibagi menjadi beberapa poin, yaitu :
                1. apa itu 3S?
                2. bagaimana implementasinya di Kabupaten Wajo?
                3. bagaimana cara memecahkan masalah tersebut?
Hadirin yang terhormat,
                apa itu 3S? 3S itu merupakan singkatan dari Sipakatau, Sipakalebbi, dan Sipakainge. Di mana Sipakatau memiliki arti bahwa kita sebagai rakyat Wajo harus saling memanusiakan satu sama lain. Selanjutnya, sipakalebbi artinya bahwa rakyat Wajo harus saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain. Dan yang terakhir sipakainge memiliki arti bahwa rakyat Wajo juga harus saling mengingatkan dalam segala hal.
                Dari prinsip tersebut, kita melihat bahwa ketiga poin itu memiliki keterkaitan, yaitu kita rakyat Wajo harus saling memanusiakan satu sama lain agar timbul dalam hati kita untuk saling menghargai sehingga kita terdorong untuk memngingatkan saudara kita dalam segala hal. Solidaritas sesama rakyat Wajo akan terwujud dengan diterapkannya ketiga prinsip itu.
Hadirin yang terhormat,
                kemudian kita akan melihat penerapannya di kehidupan rakyat Wajo. Kita melihat bahwa rakyat Wajo sekarang ini masih belum sepenuhnya menerapkan ketiga prinsip tersebut. Ini dikarenakan mereka semua masih terlalu mementingkan diri sendiri. Jika dilihat dari kehidupan nyata, 3S ini seolah-olah diabaikan. Padahal sebenarnya jika 3S itu diterapkan di Wajo maka Wajo akan menjadi lebih baik dan akan menjadi daerah yang dijadikan panutan bagi daerah lain.
Kita patut prihatin dan seharusnya sebagai rakyat Wajo yang baik, harus menerapkan ketiga prinsip itu dalam kehidupan. Buat pemerintah kabupaten wajo harus memberikan contoh yang baik kepada rakyatnya agar Wajo bisa menjadi yang terdepan dan unggul.
Hadirin yang terhormat,
                demikian yang sempat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga poin-poin yang saya sampaikan dapat diterima dan bermanfaat bagi kita semua. Jika ada tutur kata saya yang salah, mohon dimaafkan. Terakhir “Mari terapkan 3S dan menjadikan Wajo lebih baik”
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar